Gejala Diabetes yang Sering Muncul Menjelang Waktu Makan Siang

Selasa, 20 Agustus 2024 - 12:17 WIB
loading...
Gejala Diabetes yang...
Gejala diabetes sering kali tidak disadari, terutama saat menjelang waktu makan siang. Saat itu, banyak penderita diabetes yang mulai merasakan tanda-tanda. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Gejala diabetes sering kali tidak disadari, terutama saat menjelang waktu makan siang. Pada saat itu, banyak penderita diabetes yang mulai merasakan tanda-tanda seperti kelelahan mendadak, rasa lapar yang ekstrem, hingga pandangan kabur.

Gejala diabetes ini sering dianggap sepele, namun bisa menjadi indikasi penting adanya masalah gula darah. Mengenali tanda-tanda tersebut sejak dini sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

Diabetes merupakan kondisi serius. Diagnosis yang terlambat dan tidak menyadari gejala-gejala utama merupakan alasan utama mengapa diabetes berkembang menjadi komplikasi yang mengancam jiwa. Menarik untuk dicatat bahwa diabetes bermanifestasi dalam beberapa bentuk, mulai dari gejala ringan hingga berat.

Dilansir dari Times of India, Selasa (20/8/2024), beberapa gejala diabetes terlihat hanya pada malam hari, sementara beberapa gejala terlihat segera setelah seseorang bangun tidur.



Sebelum makan siang, satu tanda umum adalah rasa haus yang ekstrem. Jika mendapati diri Anda terus-menerus haus, meskipun Anda sudah banyak minum, itu bisa menjadi tanda bahwa kadar gula darah meningkat. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan tubuh mencoba membuang kelebihan glukosa melalui urine, yang pada gilirannya menyebabkan dehidrasi dan peningkatan rasa haus.

Gejala lain yang perlu diwaspadai adalah rasa lapar yang meningkat, atau polifagia. Jika Anda merasa sangat lapar sebelum makan siang, meskipun Anda sudah sarapan dengan porsi yang banyak, hal itu bisa jadi karena tubuh Anda tidak secara efektif mengubah makanan menjadi energi.

Hal ini terjadi karena insulin tidak berfungsi dengan baik atau tidak mencukupi, yang menyebabkan kadar gula darah tinggi yang memberi sinyal kepada tubuh Anda untuk terus makan. Kelelahan dan kelemahan juga umum terjadi sebelum waktu makan.

Jika Anda merasa sangat lelah atau lemah di pagi hari atau sebelum makan siang, itu merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang berjuang untuk mengelola kadar gula darah. Kelelahan ini terjadi karena sel-sel Anda tidak mendapatkan glukosa yang mereka butuhkan untuk energi, yang menyebabkan perasaan kelelahan terus-menerus.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)